Kamis, 25 Juni 2015

Pada jum’at kemarin saya pulang ke rumah di Gresik, dan akhirnya sholat jum’at di masjid di desa tempat saya tinggal, Seperti biasanya saya selalu memperhatikan setiap apa yang di sampaikan oleh khatib. Demikian pula jum’at beberapa waktu yang lalu. Pada Khutbah jum’at itu ada hal yang cukup menarik apa yang di sampaikan oleh sang khatib,  kurang lebihnya seperti ini “gajah di buru karena memiliki gading, rusa istimewa karena bertanduk, badak hebat karena bercula” ketiga hewan ini memiliki ciri khas yang menjadikan dirinya istimewa dan memiliki nilai.

Contoh diatas telah memberi kita pelajaran mahal bahwa setiap makhluk yang diciptakan olah Allah SWT pastilah memiliki keistimewaan, yang menjadikanya mempunyai nilai. Mulai  dari benda mati , tumbuhan, binatang dan tentu saja manusia. Manusia yang diciptakan oleh Allah sebagi makhluk yang paling sempurna Tentulah memiliki keistimewaan yang membuatnya menjadi bernilai mulia dari makhluk yang lainya, seperti halnya yang di wahyukan Oleh Allah dalam Al-Qur’an :

Sungguh, Kami telah menciptakaan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya (QS.at-Tin;04)

Lalu sejenak saya berfikir, merenung dalam hati dan berkaca pada diri. Manusia di karuniai Allah akal yang menjadikan dirinya lebih di banding makhluk lainya, denganya manusia mamapu membedakan mana yang baik mana yang buruk, mana yang harus di lakukan dan mana yang harus di tinggalkan, mana yang mulia dan mana yang hina.

Karena kemuliaan memang tidak di nilai sebatas rupa, harta dan tahta, Tidak, bukan , tentu bukan itu, sungguh itu tidaklah bernilai di hadapan orang yang beriman, apalagi di hadapan Allah SWT.
Tugas kita sebagai manusia adalah beriman dan bertakwa kepadaNya, dengan memaksimalkan akan yan telah di karuniakanya untuk membaca ayat-ayatNya , mengaplikasinya dan mengajarkanya kepada yang lainya. Untuk meraih Ridhonya.

Tak ada yang bisa menjadikan kita bernilai istimewa kecuali dengan menjalankan apa yang menjadi aturan Allah, mari terus berbenah dan berubah menjadi yang lebiih baik, semoga Allah memudahkan langkah kita dalam menempuh kebaikan. Aamiin....

Ari farouq
Gresik, 2015

0 komentar :

Posting Komentar