Selasa, 12 Agustus 2014



Buat apa sih KKN  !

Setiap mahasiswa pasti akan merasakan dan menjalani yang namanya KKN ( kuliah kerja nyata ). Karena itu bagian dari mata kuliah wajib bagi mahasiswa. KKN pertam kali dicetuskan oleh Prof. Koesnadi Hardjasoemantri, SH, pakar hukum Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada saat itu, pengabdian masih bersifat sukarela atau tidak ada kewajiban mahasiswa untuk melakukan pengabdian di masyarakat.  Lalu Atas dasar pertimbangan historis lahirnya KKN pertama kali dikoordinasi oleh UGM ini, maka demi menjaga mutu dan kewajiban moral maka KKN Tematik muncul pada tahun 1998 - 1999 sebagai respon dari kondisi krisis moneter di Indonesia pada tahun 1997. Fajta dan Sejarahya bisa di cari sendiri ya... !!!! hehe

Alkhamdulillah saya sendiri akan melaksanakan KKN Insyallah tahun ini tepatnya minggu depan di L.A , los angeles ??? lamongan ... hehe. Lanjut deh kita bahas KKN dan untuk apa sih KKN tu.... 

KKN sendiri adalah ajang atau kesempatan kita sebagai mahasiswa untuk terjuan langsung dan berinterkasi dengan masyarakat .  dan pastinya kita di haruskan membut program-program yang nantinya membawa manfaat bagi masyarakat itu. Kerana selam ini kita hanya berlajar teori dan konsep di kampus yang belum tentu sama kondisi di lapangan atau di masyarakat sebenarnya. KKN sendiri akan mendewasakan kita dengan berbagai permasalahandi masyarakat. Dan tentunya kita di harapkan memberi solusi . artinya ilmu yang selama ini kita pelajari di kampus atau Universitas coba kita aplikasikan di kehidupan yang sesungguhnya , apakah kita mampu membawa konsep itu dan menghadirkanya dalam dunia nyata . karena problem di masyarakat tentunya beda dengan kondisi masyarakat yang lain dan inilah yang menjadi PR kita bersama sebagai mahasiswa. 

Selain itu dengan terjunya kita di masyarakat akan mmbuat setiap lulusan sarjana memiliki jiwa kepemimpinan dan rasa kepedulian akan problem di masyarakat. Dan ini yang memnag menjadi persoalan negeri ini. 

Problem masyarakat.

Kita tahu bagaimana kondisi masyarakat negeri ini . berbagai masalah dan krisis menjadi sesuatu yang wajar, seperti masalah kemiskinan yang kunjung usai, di sebabkan oleh minimnya akses pendidikan dan juga keterampilan sehinga pengangruran menjadi  hal yang luar biasa yang sampai saat ini manjadi persoalan . dan ini akan menyebabka kemiskinan di masyarakat . lalu kemiskinan pun akan menimbulkan persoalan baru , seperti kriminalitas dan sebaginya.

Kita sebagi mahasiswa tebtunya tidak bisa terus bersandar dan mengaharapakn kepada pemerintah seutuhnya. Karena memang mereka tidak bisa di harapakan heheh.... iya kan :D ?

Sebagai agent of change mahasiswa selayaknya menjadi pelopor untuk perubahan masyarakat secara kesuluruhan. Karena dengan ilmu dan pendidikan yang kita dpatkan di kampus benar-benar bisa di aplikasikan secara nyata untuk membantu dan mampu mendorong kemajuan masyarakat pedesaan pada khususnya.


Realita  mahasiswa.

Agent of change itulaj gelar yang di sematkan kepada mahasiswa , sebagai agen perubahan mahsiswa di tuntut untuk manjadi pelopor dari kabangkitan masyarakat. menjadi problem solver di tengah permasalhan di masyarakat. menjadi penkoreksi kebijakan-kebijakan pemerintah yang tidak pro rakyat. Tapi itu semua tinggalah harapan kalau kita melihat realita mahsiswa saat ini. Terlepas dari berbagi prestasi akademisi mereka , namun nyatanya pribadi individualis lebih melekat di benak mahasiswa .mereka lebih sibuk mengurus urusan pribadi mereka. Terlalu sibuk untuk mengurus kepentingan akademis mereka . tak hanya itu yang lebih menyedihkan sebagan dari mereka sibuk dengan hiburan dan gemerlap kehidupan. Pacaran tanpa tahu norma , jingkrak-jingkrak menari , dan seabrek kehidupan hedonis lainya.

Rasa empati dan terpanggil untuk mengurus urusan masyarakat pudar seketika , aku tak tahu apa penyebabnya, dengan sistem SKS yang membuat mahasiswa sibuk mengejar ijazah secepatnya dan segera mendaptkan pekrejaan juga menjadi persoalaln. Jadi pengabdian untuk masyarakat tak ada waktu untuknya.

Mahasiswa !!! agen perubahan. 

Sejarah telah menggambarkan berbagai Perubahan politik negeri  ini tidak di pisahkan oleh peran para pemuda dan mahasiswa. Bagaiamana berdirinya orde lama , orde baru dan tumbangnya mereka karana peran pemuda dan mahsiswa. Jadi tak heran kalau title sebagai agen perubahan dan Sebagai agen of control pantas di sematkan ke mahasiswa. 

 jadi adanaya KKN adalah bagiaman kita membanggun kembali jiwa kepemimpinan dan jiwa empati dan kepedulian mahsiswa untuk mengabdi  kepada masyarakat. memberi solusi atas berbagai permasalahan yang ada si masyarakat. jadi KKN adlah titik awal untuk sebuah perubahan yang lebih baik bagi masyarakat. semoga !!!!!!

Masyarakat saat ini sedang menunggu peran mahasiswa !!!

Sekian dari saya semoga manjadi inspirasi bagi kita semua.

Follow me


Gresik, 12 / 08 / 14

1 komentar :