Rabu, 10 Desember 2014

Niat mencari ilmu



Menuntut ilmu adalah aktivitas mulia, aktivitas generasi salafussholeh, Ilmu adalah pilar peradaban suatu bangsa , sehingga suatu bangsa bisa di katakan beradab dan maju apabila masyarakat dan generasi mampu menempatkan ilmu sesuai semetinya. namun dewasa ini kita di hadapkan dengan hal-hal  yang jauh dengan apa yang yang menjadi hakikat menuntut ilmu, orang banyak salah dalam mempresepsikan ilmu, Maka marilah sejenak kita  mengoreksi sejauh mana niat dalam diri kita dalam mencari  Ilmu, Apakah selama ini tujuan kita mencari ilmu itu . . .

Karena ingin mendapat pekerjaan nyaman ?
Karena ingin mendapat ijazah?
Karena ingin disebut ahli ilmu?
Mendapat ketenaran?
Berbangga dengan ilmuan lain?
Atau hanya sekedar menjalankan kewajiban  ?

Kalau semua itu tujuannya, maka itu tidak ikhlas, dan jelas tidak benar. dan Ini akan menghancurkan kita di hadapan Allah, dan Inilah yang ditakutkan Al Ghazali, kita baca sejarah bagaimana 11 tahun Al Ghazali berusaha meluruskan niat, Murni hanya karena Allah.

Terus memperbarui niat dan orientasi kita mencari ilmu, kerena terkadang kita salah niat atau niat itu bengkok di tengah jalan, sehingga arahnya jauh melenceng dari tujuan yang sebenarnya.

Ilmu itu tidak cukup di pelajari saja, tidak cukup di copy paste sahingga kita sekedar tahu, namun haruslah kita instal dalam diri kita, sehingga  ilmu yang kita pelajari akan memancar dalam setiap nafas dan gerak langkah kita. Mamncarkan cahaya kebaikan. Dan ilmu itu tidak sekedar membawa manfaat pada diri kita semata , namun memberikan kebaikan pada semua yang ada dalam sekitar kita.
Dan semua itu amatlah Sederhana tidak harus belajar di gedung tinggi nan megah di penuhi fasilitas mewah yang memanjakan diri kita yang pada akhirnya menumbuhkan benih-benih kesombongan yang akan merusak ilmu kita.

Jadi mengupdate dan mengupgrade niat merupakan hal yang sangat perlu, agar orientasi kita senantiasa dalam jalur yang yang benar.


Selamat berjuang wahai pencari iilmu semoga ilmu kita bermanfaat..... Aamiin

09, Desember 2014

0 komentar :

Posting Komentar