Minggu, 12 Juli 2015

AKHIR RAMADHAN

di tengah malam, di antara ratusan insan. sepasang mataku dihadapkan dengan dua arah.

"kanan dan kiri"

dan rasa ingin tahuku telah memaksaku menoleh ke arah  sebelah kanan.

di sana kulihat banyak orang duduk bersila, di atas hamparan sajadah masjid, dengan sepasang tangan menyangga kitab suci Alqur’an, dan sepasang bibirnya melantunkan kalam-kalam Illahi dengan teramat merdu, syahdu.

sementara di sudut sana, juga banyak insan bersila, dengan jemari tangan kanannya yang tiada henti menjentik biji Tasbih, seirama dengan senandung Dzikir dari sepasang bibir mereka.

Dan kuperhatikan lebih seksama, ada beberapa orang dari mereka yang tengah membaca Alqur’an dan yang tengah berdzikir. tampak butiran - butiran bening yang muncul di tepian kelopak mata mereka, lalu bergulir mengalir membasahi pipi hingga bergelantungan di jonggot tipisnya.

"SUBHANALLAH, mereka menangis dalam Itikaf di 10 malam terakhir Ramadhan" 

Puas sudah aku menatap arah sebelah kanan, akupun segera menoleh ke arah sebelah kiri, di sana tak kulihat wajah-wajah sedih, apalagi tetesan airmata, yang tampak hanya wajah-wajah ceria, senyum-senyum sumringah, langkah melenggang ringan, dengan tangan penuh jinjingan, berisi pakaian baru lebaran, jajanan lezat untuk lebaran dan setoples khong guan isi rengginang.

Mereka benar-benar bahagia, saking bahagianya wajahnyapun seakan berteriak. "cepatlah kau pergi ya Ramadhan. dan selamat datang Lebaran."

ini terbukti dari prilaku mereka, yang makan jajanan dan minuman sambil berjalan menyusuri trotoar pertokoan, pusat perbelanjaan, mall dan restoran.
ASTAGHFIRULLAHALADZIM.....

Yuk kita tanyai hati kita, apakah saat ini hati kita merasa sedih karena akan berpisah dengan Ramadhan ???? apakah di hati kita ada rasa takut dan khawatir tahun depan tidak dapat bertemu Ramadhan ???

Ataukah saat ini hati kita lagi senang karena akan segera ditinggal Ramadhan. yang membuat kita lapar, dahaga, lemas dan tersiksa ???
apakah saat ini hati kita lagi seneng gembira lantaran akan merayakan lebaran bertemu dengan keluarga dan handai taulan ???


@Ari Farouq
Surabaya, 13 Juli 2015
26 Ramadhan 1436 H

0 komentar :

Posting Komentar